Batas Sulteng Gorontalo, Sepi Arus Mudik

Batas Sulteng Gorontalo, Sepi Arus Mudik

Bagikan Artikel

PARIGI MOUTONG– Memasuki hari penetapan larangan mudik lebaran 2021 perbatasan Sulawesi Tengah dan Gorontalo, masih sepi dari aktifitas pemudik.

“Pagi tadi sampai siang ini kendaraan arus mudik belum ada,” kata Kapolsek Moutong, Kamis (6/5/2021).

Sementara itu, Wakil Gunernur Sulawesi Tengah Rusli Dg Palabbi, bersama Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai melakukan pemantauan langsung diperbatasan Desa Sejoli, Kecamatan Moutong.

Mengatakan, kebijakan larangan mudik adalah langkah untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 di Sulteng melalui transmisi lokal.

Dengan melakukan pencegahan arus masuk keluar setiap orang dbatasi akan mengurangi penyebarannya risiko transmisi lokal akan meningkat melalui arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Pencegahan arus masuk keluar setiap orang dbatasi akan mengurangi penyebarannya risiko transmisi lokal akan meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah” ungkap Rusdi Dg Palabbi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah.

Data statistik Covid-19, 3 Mei 2021 di Sulawesi Tengah, menunjukan masuk zona orange namun, di beberapa daerah masih menunjukan zona merah yakni, Kabupaten Poso, Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong.

Sumber Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, Update 03 Mei 2021

Namun, sebelumnya kebijakan larangan mudik tahun ini. Menurut Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulteng, Sumarno, Selasa(20/4) telah disepakati definisi mudik adalah pulang kampung dalam waktu 6 sampai 17 Mei 2021. Mengacu ketentuan pemerintah pusat, mudik yang dilarang yaitu semua wilayah kabupaten/kota dalam dan luar provinsi.

Untuk kenderaan yang beroperasi seperti ambulans, kendaraan dinas dengan surat tugas, dan angkutan yang membawa logistik. Syaratnya harus dilengkapi surat keterangan rapid antigen.

Karena ditiap perbatasan kabupaten/kota dan provinsi di wilayah Sulteng akan dijaga ketat oleh tim gabungan dari aparat TNI/Polri, Dishub, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan dalam 24 jam setiap hari mulai 6-17 Mei 2021.

Reporter| Irwan Merdeka