Syarat Ketua KKSS Banggai Ahmad Yahya Bilang Harus Loyal Tinggi Urus Organisasi

Syarat disebutkan ada enam menjadi kapatuhan dan komitmen ketua BKD-KKSS dalam menjalankan fungsi organisasi kerukunan Sulawesi Selatan diharpkan berelasi pembangunan yang akan dijadikan mandat kerja mengayomi seluruh anggota KKSS dalam kehidupan bermasyarakat Kabupaten Banggai.

Syarat Ketua KKSS Banggai
Ahmad Yahya Sekretaris BPD-KKSS saat konferensi pers menyatakan syarat ini tidak hanya dijadikan sebagai syarat bakal calon. Tetapi harus dijadikan pedoman dalam menjalankan mandat organisasi Foto dok metroluwuk.id

BANGGAI– Ahmad Yahya mengatakan kesiapan BPD KKSS Kabupaten Banggai saat ini sudah seharusnya dilakukan konsolidasi penuh kepada anggota. Tidak hanya Menghadapi Musyawarah Daerah tetapi mewujudkan kepedulian seluruh pengurus menyatukan gerakan bersinergi dalam pembangunan daerah maupun negara.

Olehnya penting mendorong bakal calon ketua harus memiliki kewajiban dan taat pada amanah AD/ART dan PO Organisasi KKSS.

Hal ini menjadi peringatan kepada sesama anggota dan pengurus KKSS dimanapun berada disejumlah 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

“Saya, berharap mandat kerukunan peribahasa adat suku Bugis, harus menjadi taklimat utama, yang dijalankan bakal calon ketua KKSS nanti,” kata Ahmad Yahya Sekretaris BPD-KKSS merangkap Sekretaris Panitia pelaksana Musyawarah Daerah, di sekretariat KKSS komplek Karaton Kota Luwuk, Ahad

Berita terkait:

Dalam mewujudkan tujuan organisasi KKSS dan singkronnya cita-cita Indonesia maju, tidak hanya dilakukan oleh pemerintah namun, dapat organisasi masyarakat menjadi pilar pendukung menjadi bagiannya.

Olehnya, ungkap Ahmad Yahya sebagai bakal calon ketua diharapkan memiliki dedikasi yang dapat mengintegrasikan berbagai program KKSS tumbuh bersama dengan pemajuan daerah yang dimulai dari anggota saling mengingatkan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Karena anggota KKSS tersebar di 23 kecamatan tumbuh berlapis dengan seluruh entitas etnis. Dalam peran yang berbeda namun diyakini hasilnya akan menopang pembangunan daerah,” ungkapnya.

Ahmad Yahya bilang ini penting untuk diingatkan kepada bakal calon ketua KKSS. Karena tidak semua anggota dapat memilih namun terdaftar sebagai kerukunan keluarga. Seperti yang disebutkan Ketua BPD-KKSS Hi Amin, saat ini jumlah anggota disebut 21 ribu. Tetapi bisa saja kini jumlahnya hanya 18 ribu.

“Belum ada pendataan terbaru dilakukan. Ini perlu dibahas dalam Musyawarah Daerah nanti. Agar seluruh keluarga berasal dari Sulawesi Selatan didata kembali. Oleh pengurus baru,” ungkapnya.

Berita terkait:

Mengenai syarat menjadi calon ketua. Kata Ahmad Yahya, ada lima menjadi syarat yang wajib dijadikan landasannya sesuai hasil rapat bersama Steering Committee dan BPD-KKSS dan juga dihadiri Panitia Pelaksana Musda. Syarat ini elah diputuskan bersama sebagai mandat untuk melahirkan pemimpin baru dalam menyusun agenda kerja yang akan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.

Berikut persyaratan calon ketua BPD-KKSS
1. Warga negara Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan dan/atau berketerununan Sulawesi Selatan, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, sehat jasmani dan rohani serta cakap dalam perbuatan hukum;

2. Pernah menjadi pengurus KKSS dan/atau lembaga otonom dan/atau organisasi pilar tingkat daerah serta berdomisili dimana BPD KKSS berkedudukan (dibuktikan dengan melampirkan KTP dan SK kepengurusan);

3. Berahlak baik, berprofesi, mampu dan aktif menjalankan organisasi;

4. Mempunyai dedikasi dan loyalitas tinggi terhadap organisasi KKSS;

5. Mempunyai Visi dan Misi untuk pembinaan dan pengembangan KKSS;

6. Memahami dan menghayati nilai-nilai luhur KKSS yang termaktub dalam budaya Sulawesi Selatan dan memiliki akhlak kepemimpinan yang menerapkan iklim kekeluargaan dengan azas musyawarah untuk mufakat dalam kebersamaan yang tinggi;

Ini adalah syarat bagi bakal calon ketua KKSS yang telah ditetapkan. Harapannya kata Ahmad Yahya siapapun nanti calon ketuanya. “Wajib menjadikan syarat ini sebagai pemersatu dalam organisasi KKSS”.

Reporter | Irwan Merdeka

Untuk mendapatkan update berita harian ikuti web metroluwuk.id atau download aplikasi Telegram mari bergabung klik UPDATE metroluwuk.id

Berita terkait: Pastikan Ketersediaan Pangan Joko Widodo Blusukan Digudang Penelitian Tanaman Padi

@metroluwuk