Blok Wabu Ancaman Terselubung Seperti Freeport

Blok Wabu Ancaman Terselubung Seperti Freeport

Laporan ini diterbitkan hak asaai.id yang dikemas menjadi berita kondisi dan situasi Keberadaan perusahaan tambang di Sugapa, Intan Jaya, Papua, dikhawatirkan merusak lingkungan dan membuat warga tersingkir dari tempat tinggalnya. Operasi tambang di daerah itu justru membuat masyarakat menderita. Gambar Suara Papua.

Bagikan Artikel

Metro, Laporan– Yanuarius Weya dan teman-teman sesama pelajar asal Intan Jaya, Papua, mendengar kabar rencana eksploitasi emas Blok Wabu, Distrik Sugapa, Intan Jaya, pada pertengahan 2020 lalu. Respon mereka hanya satu, tolak. Pangkalnya adalah pertambangan berpotensi membahayakan lingkungan hidup.

Kenangan pahit kondisi di Timika, tempat eksplorasi emas PT Freeport, membayangi Yanuarius dan teman-temannya. Daerah itu menyisakan kerusakan alam dan konflik. Mereka tak mau hal yang sama terjadi di kampung halaman mereka.

“Kami sudah tidak mau terjadi (hal yang sama)  dengan Freeport, alamnya, emasnya diambil masyarakatnya hidup berantakan,” kata Yanuarius yang kini menjabat ketua Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Intan Jaya se-Jayapura kepada hakasasi.id

1
2
3
4