Cudy Mastura: Dampak Pandemi Covid-19, Pemprov Sulteng Bantu Modal KUR  Rp 5 Triliun

Cudy Mastura: Dampak Pandemi Covid-19, Pemprov Sulteng Bantu Modal KUR  Rp 5 Triliun

Dana KUR dikucurkan melalui skema UMKM, petani dan nelayan termasuk peternak dan saat ini sudah mulai berjalan untuk menyasar petani dan masyarakat ekonomi menengah ke bawah di Sulteng.dok istimewa

Bagikan Artikel

PALU– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng membantu pendanaan untuk petani melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR), agar petani tidak kesulitan modal dalam menggarap lahan pertanian mereka.

“Gubernur sudah menandatangani kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dana KUR yang disiapkan bank tersebut senilai Rp5 triliun.” ungkap Cudy Mastura dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/9/2021).

Ia katakan, dana KUR dikucurkan melalui skema UMKM, petani dan nelayan termasuk peternak dan saat ini sudah mulai berjalan untuk menyasar petani dan masyarakat ekonomi menengah ke bawah di Sulteng.

“Dengan begitu, kredit di bawah Rp100 juta, tidak lagi menggunakan agunan atau jaminan ke bank. Bunga bank juga hanya tiga persen.” imbuhnya.

Cudy, meminta para kepala daerah agar mendampingi para calon penerima KUR dapat memanfaatkan fasilitas dari bank tersebut, demi pemulihan dan peningkatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Maka Pemprov Sulteng mendorong kepala daerah agar membentuk kelompok tani atau juga koperasi petani di setiap kecamatan, yang akan memfasilitasi kebutuhan petani, baik dari sisi permodalan maupun benih, bibit dan alat kerja.” tuturnya.

Reporter | Palu, Poso, Parigi | Hendra Edo