Ekonom Sebut PON XX Berdampak Positif Ekonomi Papua, Begini Keterangan Prediksinya

Bagikan Artikel
Sebanyak 100 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengikuti Festival Kopi yang dilaksanakan Bank Indonesia Perwakilan Papua di Jayapura. Dari jumlah 85 persen di antaranya berada di empat klaster penyelenggara PON. dok istimewa

JAKARTA– Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad mengatakan pelaksanaan PON XX Papua cukup mampu mendorong pertumbuhan sektor akomodasi, makan dan minum, hingga UMKM.

Sebagaimana diberitakan Tempo.co mengenai Ekonom Prediksi PON XX Berdampak pada Ekonomi Papua. Kendati besarannya tidak seperti dampak dari aktivitas pertambangan, lanjut Tauhid, PON Papua tetap berkontribusi positif terhadap pergerakan ekonomi masyarakat Papua.

“Akomodasi diperlukan karena banyak peserta dari luar Papua datang untuk mengikuti lomba termasuk juga penonton, walaupun eventnya terbatas karena situasi pandemi,” ujarnya.

Sedangkan sebelum PON Papua berlangsung, Tauhid mengatakan sektor konstruksi telah terlebih dahulu bergerak yang berpengaruh kepada kenaikan harga bahan baku lokal dan penyerapan tenaga kerja.

“Konstruksi yang dibangun untuk event, baik bangunan-bangunan, sarana pendukung seperti jalan, jembatan, energi, air dan sebagainya itu bergerak pada sebelum acara,” jelasnya.

Bangunan PON Papua, Pemda harus inovasi agar kontribusinya multiplayer effeck

1
2
3