Hari Ini Derlis Julkarson di Lantik Jadi Bupati

Hari Ini Derlis Julkarson di Lantik Jadi Bupati

Bagikan Artikel

Palu– Pagi tadi sekitar pukul 09.00 wita.Gubernur H Longky Djanggola mewakili Mendagri RI mengambil sumpah jabatan dan melantik bupati, dr Delis Julkarson Hehi dan wakil bupati Djira K Kabupaten Morowali Utara.

Pelantikan dan mengambil sumpah jabatan Bupati terpilih dilaksanakan di ruang pertemuan Pogombo kantor gubernur Sulteng, Jumat (30/4/2021).

Berita terkait:

Sebelumnya, hasil pemungutan suara dalam Pilkada 9 Desember 2020, Data Sirekap KPU menunjukan jumlah perolehan suara kedua paslon hanya terpaut 1 persen. Sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 84.570 orang yang tersebar di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 273 unit, di 10 kecamatan.

Namun, ditemukan sejumlah pelanggaran dalam pelaksanaan pemungutan suara mengenai Daftar Pindah Memilih sejumlah 7 orang di TPS kecamatan Mamosalato, akan tetapi didalam daftar hadir tidak ada nama dan tanda tangan dan kemudian ditemukan pemilih dibawah umur diduga menggunakan hak pilih.

Sebagaimana temuan tersebut, pasangan Holiliana-Abudin Halilu, mengajukan sengketa Pilkada Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi. Untuk melakukan pembatalan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Morowali Utara Nomor : 185/PL.02.6-Kpt/7212/KPU-Kab/XII/2020 tanggal 17 Desember 2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Morowali Utara Tahun 2020.

Hasilnya, Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan untuk sebagian permohonan yang diajukan oleh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Morowali Utara Nomor Urut 2 Holiliana dan Abudin Halilu. Dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Tahun 2020 (PHP Kada 2020) untuk Kabupaten Morowali Utara dengan Nomor  104/PHP.BUP-XIX/2021 ini digelar pada Jumat (19/3/2021) di Ruang Sidang Pleno MK.

Kemudian PSU Pilkada Morowali Utara diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan hasil menyatakan pasangan nomor urut 1, Delis Julkarson Hehi dan Djira, unggul dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, setelah berlangsung pemungutan suara ulang (PSU) di empat tempat pemungutan suara (TPS) pada Senin (19/4/2021).

Berdasarkan data dari formulir C1 keempat TPS yang melakukan PSU, Delis-Djira mendapatkan 659 suara dan pasangan nomor urut 2 Holiliana dan Abudin Halilu meraih 574 suara. Dengan total perolehan suara Delis-Djira memperoleh 1.255 suara dan Holiliana-Abudin Halilu memperoleh 574.

Reporter | Palu, Parigi, Poso | Hendra Edo