[Hoaks atau Fakta] Bantuan Produktif Usaha Mikro Bantuan Langsung Tunai UMKM Tahap 3

[Hoaks atau Fakta] Bantuan Produktif Usaha Mikro Bantuan Langsung Tunai UMKM Tahap 3

Bagikan Artikel

BANGGAI- Marak beredar informasi dimedia sosial akun facebook sulit dibuktikan kebenarannya, bagi pembaca. Namun guna mengetahui isi konten disebutkan butuh pembanding.

Mengenai isi konten hoaks atau fakta Tim metroluwuk.com berbagi tips untuk mengetahui kebenaran informasi melalui linimasa akun facebook menggunakan landing page [halaman website desain khusus menelusuri informasi hoaks] yang telah disiapkan cek fakta.

Berita terkait:

Sebagaimana ditemukan informasi tersebar disebuah akun media sosial facebook @vanesya telah membagikan unggahan, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM tahap 3.

Narasi dalam unggahan tersebut memuat informasi terkait daftar penerima dan pencairan Bantuan UMKM tahap 3.

Link tersebut dibagikan pada, Minggu, 23 Mei 2021 ke laman grup GRUP PNM MEKAR DAN BANSOS SE-INDONESIA.

Hasil Cek Fakta
Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut salah. Faktanya, belum ada pendaftaran dan pencairan BPUM tahap 3. Sebelumnya, link dan narasi serupa juga diunggah oleh Lilit Lemberi di grup Facebook Nasabh PNM Mekaar Sabang sampai Merauke pada Jumat (21/5/2021) dan langsung dibantah oleh Kabag Humas Kemenkop UKM.

Melansir dari Kompas.com, Kabag Humas Kemenkop UKM, Anang Rachman mengatakan kepada Tim Cek Fakta Kompas.com bahwa belum ada pendaftaran dan pencairan BPUM tahap 3.

“Jadi tidak ada itu tahap 3,” kata Anang, saat dihubungi Kompas.com, Jumat 21/5/2021.

Adapun untuk pendaftaran BLT UMKM bukan dilakukan melalui link, tetapi diusulkan oleh pengusul yang ditunjuk Kemenkop UKM, yaitu: Dinas yang membidangi koperasi dan UKM, Koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, dan Kementerian/lembaga, perbankan, dan perusahaan pembiyaan lain yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, informasi terkait pendaftaran penerima bisa didapatkan melalui pengusul-pengusul yang telah ditentukan di atas.

Anang juga memastikan bahwa pengusulan BPUM masih ada ditahap 2 hingga 28 Juni 2021. Sampai saat ini, belum ada pendaftaran dan pencairan tahap 3.

Selain itu, pencairan juga tidak bisa dilakukan melalui link, tetapi harus mendatangi penyalur yang ditunjuk, yaitu: Bank BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Pembangunan Derah (BPD), dan PT Pos Indonesia.

Mengacu kepada seluruh referensi, informasi mengenai daftar nama dan link pendaftaran untuk pencairan BPUM tahap 3 adalah hoaks dengan kategori konten palsu.

Kesimpulan
Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Informasi tersebut salah. Faktanya, belum ada pendaftaran dan pencairan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM tahap 3

RUJUKAN
https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/22/212000165/-hoaks-link-daftar-penerima-dan-pencairan-bpum-tahap-3-tahun-2021?page=all

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/wkB4V24N-cek-fakta-beredar-link-daftar-penerima-dan-pencairan-bpum-tahap-3-tahun-2021-ini-faktanya

https://wartakota.tribunnews.com/2021/05/25/waspada-pendaftaran-blt-umkm-tahap-3-tidak-ada-kemenkop-ukm-jelaskan-masalah-ini?page=4

Reporter | Tim Redaksi