INDEF: Pertanian Bantalan Resesi Indonesia Dampak Pandemi Covid-19

INDEF: Pertanian Bantalan Resesi Indonesia Dampak Pandemi Covid-19

Bagikan Artikel

JAKARTA– Ekonom Senior Indef, Prof. Bustanul Arifin menegaskan pentingnya menjaga sektor pertanian agar tetap berproduksi dan memberi kontribusi pada perbaikan ekonomi nasional. Hal ini disampaikan Bustanul dalam diskusi Indef berjudul “Pertanian Bantalan Resesi” yang digelar melalui format webinar.

“Kenapa pertanian disebut bantalan? sebab ketika semua sektor terperosok akibat pandemi covid 19, sebaliknya sektor pertanian tumbuh positif dan tetap berkembang secara baik. Karena itu perlu kita jaga bersama,” ujar Prof. Bustanul, Senin, 20 September 2021.

Menurut Bustanul, Indonesia bukan tidak mungkin menjadi negara terkuat di dunia apabila sektor pertaniannya dikelola dengan baik. Apalagi, pertanian terbukti mampu menyerap banyak tenaga kerja dan menghidupi jutaan warga yang terdampak PHK.

“Oleh karena itu program yang digagas pemerintah (Kementerian Pertanian) kalau diadopsi oleh banyak daerah lain, maka bisa mencapai apa yang disebut dengan 5 CB. Walaupun saya yakin perkembangannya akan sedikit lamban karena covid terus berkembang. Tapi lebih baik lamban dari pada tidak berkembang sama sekali,” katanya.

1
2
3