Kades Bukit Mulya Terpilih, Prioritas Perkuat SDM dan Peta Perekonomian Berbasis Desa

Muhammad Nasokha mengatakan, namun, kerja yang akan dilakukan nanti tentunya perlu dilakukan konsultasi kepada para pihak dan pemerintah Kabupaten Banggai. Termasuk akan membuat peta kawasan ekonomi pedesaan khusus Desa Bukit Mulya.

Bagikan Artikel
Gambar Kepala Desa Bukit Mulya Muhammad Nasokha dok ist

HUNDUHON– Untuk meningkatan taraf ekonomi masyarakat dalam pembangunan desa Bukit Mulya kedepan. Kata Kepala desa Bukit Mulya terpilih Muhammad Nasokha Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai kedepan ada tiga agenda penting dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Ini soal pentingnya bukan hanya tupoksi Pemdes menjadi jembatan kerja. Namun, harus berlandaskan komitmen pelayanan kepada masyarakat dan jadikan penyimpangan, sebagai musuh utama,” ungkapnya. Saat ditemui metroluwuk.id dikediamannya, Rabu 15 Desember 2021.

Menurut Muhammad Nasokha hal tersebut sangat penting untuk mengatur hubungan pemerintah Desa dalam strata kehidupan sosial mapun hubungan politik di masyarakat pedesaan.

Mengenai tiga point yang disebutkan tersebut dia, mengatakan akan membuat perencanaan bertahap dalam mengatur roda pemerintah Desa Bukit Mulya. Dengan pendekatan awal mendorong penguatan aparatur pelaksana kerja desa.

“Hal ini dulu yang akan saya benahi dan perkuat dalam pemerintah desa,” jelas Muhammad Nasokha.

Karena pelayanan yang akan dibangun bukan hal yang mudah seperti memperkuat integritas aparatur agar kerja terukur dan transparan. Ini masuk ke dalam tiga poin kerja. Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Jadi ini bukan gagasan baru tapi, problem lama yang wajib dijalankan dalam pemerintah baru paling bawah “transparan dan akuntable.”

Kemudian kedua, adalah menghidupkan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes). Ini juga bukan yang baru namun, butuh kesiapan sumber daya manusia untuk meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolahan potensi ekonomi desa.

“Untuk memaksimalkan BUMdes tentunya perlu kita hidupkan kembali. Tujuannya tidak lain sebagai upaya memperkuat perekonomian desa,sejauh ini potensi yang ada cukup besar sehingganya sangat beralasan program tersebut perlu di kembangkan,” ucap Nasokha

Namun, kerja yang akan dilakukan nanti tentunya perlu dilakukan konsultasi kepada para pihak dan pemerintah Kabupaten Banggai. Termasuk akan membuat peta kawasan ekonomi pedesaan khusus Desa Bukit Mulya.

“Seluruh agendanya akan saya, launcing termasuk BUMdes dengan mengundang, Bupati dan Wakil Bupati Banggai,” terangnya. Sambung Muhammad Nasokha,

Sementara untuk poin ketiga adalah, akan memaksimalkan peran kerja pemuda desa yang terukur seperti karang taruna desa. Hal ini bagian dari partisipasi pembangunan desa Bukit Mulya kedepan ke arah lebih baik. “Pelaksanaan dalam pembangunan harusnya dimulai dari masyarakat dan keorganisasian sebagai penerima manfaat suatu pembangunan,” ungkapnya.

Hanya saja, sebut dia. Untuk lebih maksimal kinerja kedepan yang perlu dilakukan adalah melakukan pembinaan untuk merubah cara mereka mengenai desa, “penting hal ini dilatari dari gagasan guna memperkuat sumber daya manusia dalam pembangunan agar dapat di hargai dan menjadi mitra pemerintah, terlebih dapat menjadi contoh bagi genarasi akan datang.”

Dia, berharap dan mengajak seluruh masyarakat bersama-sama mensukseskan program desa kedepan. Untuk mewujudkan pembangunan berkeadilan untuk menata desa, “bantu saya dalam menjalankan roda pemerintahan, jangan segan untuk di tegur ketika saya, melakukan kesalahan.” pungkas Muhammad Nasokha.

Reporter | Parlin Yusuf

Untuk mendapatkan update berita harian ikuti web metroluwuk.id atau download aplikasi Telegram mari bergabung klik UPDATE metroluwuk.id

Berita terkait: Nilam Komoditas Ekspor Nonmigas Dekat di Mata Jauh Dihati

@metroluwuk.id