MotorGP 2022 Indonesia Makin Dekat Genangan Air Hujan Sirkuit Mandalika Jadi Masalah

Pebalap di sirkuit Mandalika jadi masalah dari genangan air hujan. Berkaca pada perlombaan WSBK pada November tahun lalu, genangan air akibat hujan deras mengganggu jalannya acara.

Bagikan Artikel
Kru panik akibat hujan deras mengguyur Sirkuit Mandalika menjelang Race 1 World Superbike (WSBK) Indonesia 2021, Sabtu (20/11/2021). (Foto: Instagram Michael Rinaldi) dipublikasikan oleh inewsNTB.id

BANGGAI- Tinggal menghitung hari, Indonesia akan kembali menggelar MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, 18-20 Maret mendatang.

Mengingat jadwal penyelenggaraan perlombaan tersebut bertepatan dengan musim penghujan di Indonesia, hal itu memungkinan hujan turun membasahi lintasan Sirkuit Mandalika ketika sedang melaksanakan tes resmi maupun perlombaan.

Jelang persiapan menuju tes resmi dan perlombaan, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola dan pengembang Sirkuit Mandalika, serta pihak-pihak terkait terus mematangkan persiapan, termasuk infrastruktur, untuk event berskala internasional itu.

Khusus infrastruktur, pembenahan berfokus pada masalah drainase di sekitar lintasan supaya tidak menimbulkan genangan air.

Permasalahan tersebut menjadi fokus. Lantaran, berkaca pada perlombaan WSBK pada November tahun lalu, genangan air akibat hujan deras mengganggu jalannya acara.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer memastikan bahwa Sirkuit Mandalika akan terbebas dari genangan air meski hujan turun dengan intensitas tinggi.

“Harus kami akui, waktu WSBK itu sirkuit belum seratus persen siap,” kata Abdulbar dikutip dari Tribunnews, Jumat (21/1/2022).

“Sirkuit, kami jamin tidak ada masalah. Tapi waktu hujan ada genangan yang di sekitar sirkuit, karena belum ada pengerasan aspal dan kendala drainase, sehingga yang terjadi bukan banjir, tapi ada genangan yang memang belum kami aspal. Jadi kesannya lumpur ini muncul,” paparnya.

“Kami pastikan, di MotoGP nanti tidak akan terjadi lagi. Teman-teman di sana sedang memperbaiki itu,” lanjutnya.

Abdulbar juga memastikan peran pemerintah dalam membantu persiapan gelaran MotoGP Indonesia 2022.

“Pemerintah sangat mendukung kami. Jadi saat ini timnya Menteri PUPR sedang membangun jalan, kemudian dari KLH sedang melakukan penghijauan, dan kementerian lain yang bangun homestay,” ujar Abdulbar.

“Jadi sejak WSBK ini, saling support sehingga ketika MotoGP nanti, insyaallah kami akan lebih siap. Yang jadi catatan akan kami perbaiki semua,” tandasnya.

Abdulbar menambahkan bahwa kualitas aspal Sirkuit Mandalika banyak menerima pujian dari para pembalap kontestan WSBK 2021.

Dia menjelaskan bahwa Sirkuit Mandalika menggunakan teknologi aspal terbaru, yakni Stone Mastic Asphalt dengan teknologi aspal tersebut, Sirkuit Mandalika mengikuti jejak Silvestone, Yas Marina, dan Phillip Island.

Sirkuit Silverstone, Inggris, adalah salah satu yang menggunakan teknologi tersebut di antara tiga lokasi balap lainnya.

“Para pembalap WSBK sempat bilang, sirkuit ini (Mandalika) bagus,” tutur Abdulbar.

“Memang kami pakai teknologi terbaru di Sirkuit Mandalika, namanya teknologi Stone Mastic Asphalt (SMA) yang baru dipakai di tiga tempat, Silverstone Inggris, Yas Marina Abu Dhabi dan Phillip Island Australia,” pungkasnya.

Reporter  | Parlin Yusuf
Sumber KompasTV.com

Untuk mendapatkan update berita harian ikuti web metroluwuk.id atau download aplikasi Telegram mari bergabung klik UPDATE metroluwuk.id

Berita terkait: Balap Motor Banggai Cup Prix 2021 Hadir 100 Peserta se Sulawesi

@metroluwuk.id