OJK Sebut Hampir 20 Ribu Aduan Pinjol Ilegal Pakai Cara Teror sampai Pelecehan Seksual

OJK Sebut Hampir 20 Ribu Aduan Pinjol Ilegal Pakai Cara Teror sampai Pelecehan Seksual

OJK juga sempat membagikan 11 ciri-ciri pinjol ilegal: Tidak memiliki izin resmi Tak mempunyai identitas pengurus dan alamat kantor jelas Pemberian pinjaman sangat mudah Tidak menjelaskan informasi bunga dan denda pinjaman. dok istimewa

Bagikan Artikel

JAKARTA– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerima 19.711 aduan terkait pinjaman online ilegal sejak 2019. Setidaknya ada 11 ciri-ciri pinjol ilegal. Dari hampir 20 ribu aduan terkait pinjol ilegal, sebanyak 9.270 atau 47,03% di antaranya kategori berat. Sedangkan 10.441 atau 52,97% pelanggaran ringan atau sedang.

Bentuk pengaduan dengan pelanggaran berat seperti pencairan tanpa persetujuan pemohon, ancaman penyebaran data pribadi, penagihan kepada seluruh kontak di ponsel peminjam dengan cara intimidasi, dan pelecehan seksual. “OJK melalui Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi telah mengambil langkah cepat dan tegas, bersama dengan Kepolisian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menindak pinjol ilegal,” kata OJK melalui akun Instagram @ojkindonesia, Jumat sore (15/10).

11 Ciri Identitas Pinjol Ilegal

1
2
3