Pemkot Palu Sosialisasi SIPD, Sistem Pengawasan Keuangan Daerah

Pemkot Palu Sosialisasi SIPD, Sistem Pengawasan Keuangan Daerah

Bagikan Artikel

Palu– Pemerintah Kota Palu, menggelar sosialisasi penatausahaan Sistim Informasi Pembangunan Daerah, Jumat (28/5/2021) di ruang rapat Bantaya Walikota Palu, pukul 09.00 wita.

Sosialisasi tersebut dihadiri kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Palu. Dalam rangka penerapan Permendagri Nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang diatur dalam Permendagri Nomor 77 tahun 2020 Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah (PTPKD).

Menurut Reny Lamadjido, tujuan kegiatan ini adalah mensosialisasikan penggunaan aplikasi SIPD untuk mepermudah seluruh OPD dalam realiasi perencanaan dan pengawasan keuangan daerah untuk pembangunan.

“Kepada para kepala OPD, agar serius mengikuti sosialisasi. Karena sistem pengelolaan keuangan saat ini, sistem digitalisasi,” ungkap Reny Lamadjido

Sementara itu, ditambahkan Direktur Perencanaan Daerah Kemendagri Bahri, menjelaskan pengelolaan keuangan saat ini, berbasis digital.

Pengelolaan Keuangan Daerah dimaksud adalah keseluruhan kegiatan yakni,
• Perencanaan
• Penganggaran
• Pelaksanaan
• Penatausahaan
• Pelaporan
• Pertanggungjawaban, dan
• Pengawasan Keuangan Daerah.

Selanjutnya Ia katakan, Sistim Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) merupakan sistem informasi yang memuat sistem perencanaan pembangunan daerah dan sistem keuangan daerah, serta sistem pemerintahan daerah lain, termasuk sistem pembinaan dan pengawasan pemerintahan daerah.

“Itulah tujuan utama dari Permendagri no 77 tahun 2020 dan pranatausahaan SIPD dengan strategi menuju satu data satu sistem,” ujarnya

Dia sebutkan, hanya saja yang membedakannya pastinya dalam konteks belanja. “Namun bisnis proses pada dasarnya sama disemua daerah.” tuturnya.

Reporter| Irwan Merdeka