Rekayasa dr Faizal Pakar Hukum Sebut “Mens Rea” Bentuk Kejahatan

Mobil digunakan dr Faizal saat menghilang selain itu dalam operasi penangkapan di penginapan 42 Kecamatan Paleleh Kabupaten Buol Sulawesi Tengah polisi menemukan seorang perempuan juga ditemukannya KTP dan KK aspal Foto dok Ist

Hilang saat kecelakaan diduga dirangkai oleh Dokter Faizal. Polisi bilang hasil olah tempat kejadian perkara pada peristiwa laka lantas adalah rekayasa. Selain itu dr Faizal telah membuat dokumen kependudukan palsu. Pakar hukum menilai dr Faizal memiliki niat jahat (mens rea) rekayasa kecelakaan. Apa itu mens rea?

TOLITOLI– Dokter Faisal sepesialis Radiologi Rumah Sakit Umum Daerah Mokopido ToliToli alami kecelakaan di jalan poros trans sulawesi Tolitoli-Buol Dusun Momunu, Desa Lingadan Kecamatan Dako Pemean, Kabupaten Tolitoli. Sejumlah saksi melihat sepeda motor dan sejumlah barang milik dr Faisal di tepi jurang dalam keadaan menyala pada 6 Mei 2022 silam.

Andi Sultan Kasi Ops Basarnas Sulteng mengatakan dalam upaya melakukan pencarian dokter Faizal satu unit Rescue siaga SAR di Kabupaten ToliToli menjadi bagian tim dalam pencarian yang dilakukan usai dikabarkan pada Jumat (6/5) diterima Kantor Basarnas Palu, Sulawesi Tengah.

Tim Rescue kemudian melacak menggunakan standar operasi kerja Basarnas dengan melakukan penyisiran di lokasi pada koordinat 1.19’30 “N 120.49’28,884 “E. 99. “E pada Jumat (6/5) dengan kedalam kontur tebing 15 meter berada dalam posisi di daratan.

Hal itu berdasarkan laporan orang hilang diterima kemudian membuat peta versifikasi awal melalui olah data koordinat lokasi tempat kejadian kecelakaan. “Namun data tersebut memang tidak dipublis secara luas. Data tersebut menunjukan keraguan kecelakaan dan hilang”.

Ia mengatakan standar operasi pencarian Basarnas untuk koordinat darat dan tepian pantai (arah laut) minim kemungkinan akan terseret air laut saat pasang yakni titik barang dan motor ditepi jurang koordinat 1.19’30 “N 120.49’28,884 “E. 99. “E dan 1.19’30, 118″N 120.49’29,028 “E. 293. “E pada dua koordinat ini adalah lokasi tempat kejadian peristiwa kecelakaan dr Faizal. Dengan kontur jurang ketinggian 15 meter dibawah jurang terdapat pasir pantai.

Berita terkait:

Ada dua kemungkinan dapat diartikan untuk melacak keberadaan korban pada tepian jurang. Kondisi sekitar bukan hutan tapi semak.

Kemungkinan kedua, posisi korban terjatuh dari tebing ketinggian kontur 15 meter. Namun dibawahnya pasir pantai. Olahan data pasang surut air laut dari tepi jurang kecil kemungkinan akan terseret ombak dan dibawa arus ke laut.

“Olehnya pencarian hari ke empat Tim Rescue unit ToliToli dihentikan. Karena ada keganjilan laporan orang hilang dalam kecelakaan darat”. jelas Andi Sultan kepada metroluwuk.id menggunakan tentang standar operasi SAR melacak korban orang hilang.

Operasi Polisi melacak dr Faizal

1
2
3
4