Satgas Operasi Papua Tangkap 1 Terduga OPM

Satgas Operasi Papua Tangkap 1 Terduga OPM

Gambar Ist

Bagikan Artikel

PAPUA- Satuan Tugas (Satgas) Papua menangkap satu terduga kelompok Separatis TPNPB/OPM, LW alias B (29), dalam Operasi gabungan TNI-POLRI di Kabupaten Puncak-Papua, Minggu (23/5/2021).

Dalam beberapa catatan kepolisian, terduga merupakan pemasok senjata api untuk kelompok pimpinan Terinus Enumbi (pecahan dari kelompok Goliat Tabuni) yang aktif beroperasi di wilayah Kabupaten Puncak.

“Terduga terlibat dalam berbagai aksi kriminal bersenjata di sepanjang tahun 2018 dan 2020,” sebagaimana diterangkan tertulis.

Dugaan lainnya, memiliki kaitan sebagai informan kepada anggota yang telah menyerahkan diri dan telah mengikrarkan kesetiaan NKRI pada 2016 silam.

Sebagaimana catatan kepolisian mengenai sepak terjang yang dilakukan terduga yakni:

  1. Sebagai pelaku perampasan senjata api milik anggota TNI AD pada Jumat 21 Februari 2020. KAPENDAM XVII/CENDERAWASIH, Kolenel Cpl Eko Daryanto: Perampasan senjata SS1 milik Serda Yudistira, anggota Satgas Apter asal Kodam XIV/Hasanuddin dilakukan oleh masyarakat yang awalnya berpura-pura membantu mengangkat perlengkapan Pos Koramil Persiapan Mewoluk Kabupaten Puncak pada hari Jumat (21/2/2020) sekitar jam 14:30 wit.
  2. Sebagai pelaku pencurian senjata api SS1 milik anggota TNI AU di Kampung Biak Kabupaten Puncak pada Jumat 9 Maret 2018.
  3. Sebagai pelaku penembakan terhadap dua anggota Kopassus TNI AD atas nama Letda Amran Blegur dan Pratu Freddy di Jembatan Kampung Tingginambut Kabupaten Puncak pada Minggu 19 Agustus 2018. KASATGAS HUMAS OPERASI NEMANGKAWI, Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy

Terduga masuk dalam daftar daftar pencarian orang (DPO) Kepolisian Daerah Papua, sejak 9 Maret 2018. Saat kini masih dilakukan pemeriksaan intensif di Mapolres Polres Puncak Jaya. Sebagaimana dilaporkan.

Reporter| Irwan Merdeka
Sumber onlineDaily