Sinergitas TNI-Polri Bersama Pemerintah Kecamatan Totikum Selatan Semprot Disinfektan di Tempat Ibadah dan Fasilitas Umum

Sinergitas TNI-Polri Bersama Pemerintah Kecamatan Totikum Selatan Semprot Disinfektan di Tempat Ibadah dan Fasilitas Umum

Bagikan Artikel

BANGGAI KEPULAUAN– Dalam upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), aparat TNI-POLRI Bersama Pemerintah Kecamatan Totikum Selatan di Desa Kalumbatan, melaksanakan penyemprotan Disinfektan di wilayah Desa Kalumbatan Kecamatan Totikum Selatan Kaupaten Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah, pada Sabtu, (6/2/21)

Pada kesempatan kegiatan tersebut, Plh. Kapolsek Totikum Ipda Dicky R. Laempah, SH mengatakan, penyemprotan Disinfektan yang dilaksanakan ini, merupakan kegiatan serantak yang dilakukan oleh Polres Banggai Kepulauan dan jajarannya, dengan berkoordinasi bersama unsur TNI dan unsur pemerintah Kecamatan dan Desa yang merupakan wilayah sasaran penyemprotan.

Berita terkait:

Lanjutnya, untuk sasaran penyemprotan, sebelumnya kita telah melaksanakan penyemprotan di perkantoran yang ada di Kecamatan Totikum dan Kantor Mapolsek Totikum. Untuk sasaran di Kecamatan Totikum di Desa Kalumbatan, kita lakukan penyemprotan pada tempat ibadah, dan fasilitas umum. Hal ini merupakan komitmen Polres Banggai Kepulauan, khususnya Polsek Totikum dalam rangka memutus rantai penularan virus corona (Covid-19).

“Dengan dilaksanakan penyeprotan ini, diharapkan personel Polsek Totikum bersama unsur TNI dan ASN maupun masyarakat yang ada di wilayah hukum Polsek Totikum yang terdapat 2 (dua) Kecamatan ini, dapat terhindar dari wabah virus corona atau pandemi Covid-19,” ujar Ipda Dicky.

Camat Totikum Selatan Apriyanto Pamolango, S.STP, pada kesempatan lain telah dikonfirmasi oleh awak media mengatakan, dengan dilaksanakan penyemprotan Disinfektan oleh Polres Banggai Kepulauan melalui Polsek Totikum bersama unsur TNI dan pemerintah Kecamatan Totikum dan pemerintah Desa Kalumbatan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena ini bentuk kepedulian TNI-Polri dan Pemerintah Kecamatan Totikum Selatan dalam upaya memutus penyebaran Covid-19,” ujar Aptiyanto.

Selain dilaksanakan kegiatan penyemprotan, selaku pimpinan pemerintahan Kecamatan Totikum Selatan bersama Forkopimcam Totikum Selatan, akan tetap menerapkan disiplin dan penegakan hukum protocol kesehatan ( Prokes ), dengan melaksanakan Operasi Penegakan Pendisiplinan Kesehatan (OPPK) dengan melalui edukasi 3M, yakni mencuci tangan pakai sabun, selalu memakai masker, menjaga jarak dan selelu menghindari kerumunan.

Dedi Alpon Usman, SH selaku Pj. Kades Kalumbatan, dalam kesempatan kegiatan tersebut mengatakan, bahwa penyemprotan yang dilaksanakan secara terpadu oleh seluruh pihak terkait di wilayah Kecamatan dalam hal ini unsur Kepolisian, TNI, Pemerintah Kecamatan Totikum Selatan dan Relawan aman Covid-19 Desa Kalumbatan, sangat membantu pemerintah Desa dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa Kalumbatan.

“Jumlah penduduk yang begitu padat dan kondisi pemukiman dengan tata ruang yang sembrawut serta kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan, hal ini menjadi kendala utama dalam pencegahan penularan virus vorona atau upaya memutuskan penyebaran Covid-19 di Desa Kalumbatan,” Pungkas Dedi Alpon.

Dengan kegiatan terpadu yang melibatkan Unsur Kepolisian dan TNI, meskipun tidak bisa merubah kondisi tersebut, tetapi dapat memberikan tekanan dalam penegakan disiplin kesehatan bagi masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan yakni Plh. Kapolsek Totikum, Ipda Dicky R. Laempah, Bhabinkamptibmas Polsek Totikum, Aipda Sulham, Babinsa/Danpos Totikum Koramil 1308-10/Salakan, Serma J. Ferry, Pj. Kades Kalumbatan, Dedi Alpon Usman dan relawan aman Covid-19 Desa Kalumbatan. (*)