Soal Hilangnya Aspirasi Pemilihan BPD Terpilih Tak di Musyawarahkan Camat “Bantah”,Begini Jelasnya

Abdullah Sagaf mengatakan pelaksanaan pemilihan BPD harus berdasarkan aturan dan mekanisme yang ada, jangan serta merta miliki kewenangan tapi mengambil kebijakan justru mencederai aturan, yang menjadi ironisnya hal itu sudah jelas akan memenangkan bakal calon dalam pemilihan nanti.

Bagikan Artikel
Abdullah Sagaf (Dade) meminta Camat Pantau kinerja panitia BPD desa Lontos ada indikasi memenangkan pihak tertentu.

Hunduhon– Panitia Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Lontos Kecamatan Luwuk Timur Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah bikin ulah menunjuk langsung calon BPD tanpa melalui musyawarah.

Soal kejadian tersebut warga keberatan karena dianggap ada pihak tertentu loloskan tanpa melakukan musyawarah.

Kaitan masalah penunjukan langsung calon BPD oleh panitia BPD, warga meminta perlu dilakukan evaluasi soal mekanisme penjaringan bakal calon.

Pasalnya selain tidak melibatkan masyarakat dalam penjaringan calon keterwakilan antar dusun, warga juga menyoal calon BPD yang di pilih bukan berdasarkan usulan masyarakat melainkan di pilih langsung oleh Panitia

Menurut Abdullah Sagaf seorang warga, menyebutkan masalahnya mekanisme penjaringan bakal calon harusnya lahir dari aspirasi masyarakat. Kemudian daftar nama bakal calon diumumkan sebagai keterwakilan dusun. “Biar masyarakat tau. Selanjutnya panitia memberikan arahan tahapan selanjutnya. Tapi Ini tiba tiba muncul  nama calon tanpa sepengetahuan masyarakat,”

“Yang pilih itu, Panitia sendiri. Harusnya mereka undang masyarakat kemudian di musyawarahkan, siapa siapa keterwakilan dusun yang diajukan masyarakat.Ini tiba-tiba muncul  nama calon tanpa sepengetahuan masyarakat,” ujar Abdullah Sagaf warga Lontos kepada metroluwuk.id, Kamis 25 November 2021.

Lanjut ia, tahapan pelaksanan pemilihan BPD harus berdasarkan aturan dan mekanisme yang ada, jangan serta merta miliki kewenangan tapi mengambil kebijakan justru mencederai aturan, yang menjadi ironisnya hal itu sudah jelas akan memenangkan bakal calon dalam pemilihan nanti. “Bisa jadi calon yang di tunjuk oleh panitia di pilih secara aklmasi tanpa melalui pemilihan,”

“Kami selaku masyarakat mendukung apa yang menjadi kewengan panitia melakukan pemilihan anggota BPD. Namun harusnya sesuai aturan dan tahapan sebelum menetapkan bakal calon,” jelas Abdullah Sagaf

Kendati bermasalah harapan Abdullah Sagaf pemilihan BPD dapat berlangsung aman dan lancar. Tetapi soal bakal calon ini di harapkan kepada pihak Kecamatan untuk melakukan monitoring kinerja dari panitia BPD desa Lontos,”pungkasnya.

Camat tepi dan bilang miskomunikasi

1
2