Tapal Batas Buol, Gorontalo Utara ‘Bermasalah’ Rusli Dg Palabi, Bereaksi ‘Bersurat Kemendagri’

Tapal Batas Buol, Gorontalo Utara ‘Bermasalah’ Rusli Dg Palabi, Bereaksi ‘Bersurat Kemendagri’

Bagikan Artikel

Palu– Tapal batas antara Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Provinsi Gorontalo sampai saat ini masih bermasalah.

“Isunya Pemerintah  Gorut akan Judicial Review Keputusan Mendagri Nomor 59 Tahun 1992 menjadi dasar pijak tapal batas,” saat rapat penegasan tapal batas dihadiri Pemkab Buol dan anggota DPRD Buol di ruangan Rapat Wakil Gubernur Sulteng, Kamis (22/4/2021).

Berita terkait:

Hal itu memantik reaksi Rusli Dg Palabbi secara tegas katakan, Pemprov Sulteng akan serius menangani permasalahan tapal batas antara Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Provinsi Gorontalo.

Adanya isu keberatan dan penolakan untuk melakukan Judicial Review oleh Pemerintah  Gorut terhadap Keputusan Mendagri Nomor 59 Tahun 1992, selama itu belum ada kekuatan hukum itu, tetap menjadi rujukan tapal.batas.

“Kita,  tetap merujuk Keputusan Mendagri Nomor 59 Tahun 1992 menjadi dasar penetapan tapal batas Kabupaten Buol dan Gorut,” tegas Wakil Gubernur Sulteng Rusli Dg Palabbi

Menurutnya dengan adanya dokumen ini sudah seharusnya untuk dijadikan perhatian dan mempertahankan wilayah administarsi Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Buol.

“Biro Otonomi Daerah Provinsi Sulteng bersama Pemkab Buol, telah di instruksikan segera membuat surat ditujukan kepada Menteri Dalam Negeri dengan melampirkan seluruh dokumen dan aturan perundangan menyangkut tapal batas. Untuk ketegasan tapal batas di Sulteng.”pungkasnya.

Reporter | Palu, Parigi, Poso | Hendra Edo