Target Pemda Banggai Genjot PBB 2021 Senilai 17 Miliar Tak Terealisasi

Rencana pemerintahan AT-FM untuk menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor PBB-P2 target sekitar 17 miliar baru terealisasi 38% sementara tenggat waktu kini tinggal satu bulan memasuki tahun 2022.

Bagikan Artikel
Gambar Rapat Evaluasi dok Bag. Prokopim Setda Banggai

BANGGAI– Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) Tahun 2021, dilaksanakan di Ruang Rapat Umum Kantor Bupati Banggai. Masih dibawah target.

Hal itu terungkap dalam Rapat Evaluasi bersama Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah yang dipimpin Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin, mengutip laman berita Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Banggai, Jum’at, 26 November 2021.

Rencana kenaikan sektor pajak yang ditarget pada tahun 2021 dari PBB_P2 sebesar 17 Miliar. Namun baru terealisasi sebesar 6 miliar pada 25 November 2021.”Artinya masih jauh dari target yang telah ditentukan, baru mencapai 38%,” sambung dia,

Kaitan belum tercapainya target kenaikan PAD dari sektor PBB-P2 pemerintah AT-FM melakukan evaluasi dan konsultasi melalui rapat evaluasi bertujuan rapat ini, untuk mengevaluasi terealisasinya PPB_P2 sesuai dengan target waktu telah direncanakan.

“Dengan pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sudah memasuki triwulan IV tahun 2021. Olehnya harapan serapan pengelolaan pendapatan asli daerah (PAD) kususnya PBB_P2 dapat terwujud.”

Mengenai belum terwujudnya target serapan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Wakil Bupati Banggai Furqanuddin melakukan evaluasi bersama camat kaitan sektor pajak di wilayah masing-masing.

“Dengan harapan di sisa waktu satu bulan kedepan target harus akan tercapai 100% disisa waktu satu bulan.”

Dalam pelaksanaan rapat evaluasi tersebut turut hadir Kepala Dinas PMD, Sekertaris Dinas Bapenda bersama staf dan seluruh Petugas Penagih Pajak Daerah.

Sebelumnya metroluwuk.id telah memberitakan kaitan kemenangan dan janji politik AT-FM pada saat serah terima jabatan kepada Bupati baru Amirudin Tamoreka dan Wakilnya Furqanudin Masulili bertempat di Ruang Aula Kantor DPRD Kabupaten Banggai Lalong, Kamis (10/06/2021)

Disebutkan kami berdua, akan memegang amanah penuh mandat dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kami, dan akan kami jalankan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku periode  mendatang.

“Izinkan kami untuk melanjutkan perjuangan Bupati dan Wakil Bupati terdahulu. Kami mempunyai semboyan yakni; Cerdas, Santun dan Religius. Cerdas artinya mampu memahami apa yang dibutuhkan masyarakat,” tuturnya dalam pidato.

Namun, sambung Amirudin Tamoreka, kritik membangun masukan dan aspirasi masyarakat dan religius menjadi landasan kita sebagai pemimpin baik sebelum maupun sesudah mengambil keputusan didalamnya ada tiga poin penting yakni,
1. Aqidah
2. syariah dan
3. akhlakul qarimah.

Reporter | Irwan Merdeka

Untuk mendapatkan update berita harian ikuti web metroluwuk.id atau download aplikasi Telegram mari bergabung klik UPDATE metroluwuk.id

Berita terkait: RPJMD Banggai 2021-2026 untuk Kepentingan Masyarakat

@metroluwuk.id