Kepala BNPB Nasional Tinjau Lokasi Bencana Torue, Parimo

Situasi saat ini di Torue, Kabupaten Parigimoutong mulai membersihkan dengan bergotong royong dari serpihan material lumpur dan potongan kayu yang diseret arus banjir bandang. Tim SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian empat korban.

Gambar tampak situasi pasca bencana banjir bandang hantam Desa Torue, merusak infrastruktur bangunan milik warga pada lima dusun Dok foto BNPB.

PALU– Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto bertolak menuju Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Minggu (31/7/2022).

Agenda kunjungan Suharyanto untuk meninjau langsung kondisi pascabencana banjir yang merenggut nyawa tiga orang warga Kabupaten Parigi Moutong pada Kamis (28/7). Selain 3 korban jiwa,  4 orang dilaporkan hilang masih dalam pencarian.

Berita terkait:

Kedatangannya disebutkan akan melakukan pemantauan langsung untuk memastikan pelaksanaan penanganan darurat bencana banjir bandang dapat berjalan dengan baik dan memprioritaskan kepada keselamatan masyarakat, sebagai pemenuhan kebutuhan dasar bagi warga terdampak.

Rencananya, Kepala BNPB akan terbang menuju Palu menggunakan pesawat komersil pada pukul 02.30 WIB, kemudian melanjutkan perjalanan darat menuju Parigi Moutong.

Setibanya di Parigi Moutong, Kepala BNPB diagendakan untuk memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Banjir Bandang Parigi Moutong yang dilanjutkan peninjauan lokasi dan penyerahan dukungan pemulihan pascabencana.

Berita terkat:

Namun perkembangan saat ini banjir telah surut. Jalan lintas trans Parigi menuju Poso maupun sebaliknya sudah dapat dilalui kendaraan dan warga yang mengungsi sebagian telah kembali ke rumah masing-masing.

Sementara Tim gabungan dari BPBD Kabupaten Parigi Moutong bersama Basarnas, TNI, Polri, instansi terkait dan relawan terus berupaya melalukan pencarian empat korban hilang.

Selain itu, Tim gabungan kini turut serta membantu warga terdampak membersihkan sisa puing, lumpur dan sampah yang terbawa banjir bandang.

Reporter | Palu, Parigi, Poso | Hendra Edo

Untuk mendapatkan update berita harian ikuti web metroluwuk.id atau download aplikasi Telegram mari bergabung klik UPDATE metroluwuk.id

Berita terkait: FOTO Metro: Lokasi Kemah Pramuka Toili Digenangi Air Setinggi Dada, BMKG: Agustus 2022 Masih Hujan

@metroluwuk