Usai Anugerah Tombolotutu Sebagai Pahlawan Nasional, Walikota Palu: Akan Usulkan Guru Tua Jadi Tokoh Pendidikan

Usai Anugerah Tombolotutu Sebagai Pahlawan Nasional, Walikota Palu: Akan Usulkan Guru Tua Jadi Tokoh Pendidikan

Rencana kedepan Pemkot Palu akan mendorong Guru Tua sebagai Tokoh Pendidikan Nasional kepada Pemerintah Pusat. dok ist

Bagikan Artikel

PALU– Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dan sejumlah pejabat lingkungan Pemerintah Kota Palu menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun 2021 di Taman Makam Pahlawan.

Hadi berharap peringatan ini, selalu menjadi momentum baik dalam menguatkan rasa persatuan dan kesatuan maupun kebersamaan sebagaimana yang telah dibangun oleh para pahlawan sejak dulu.

“Karena perjuangan yang dibangun oleh para pahlawan kita ini asalnya adalah rasa persatuan dan kebersamaan,” ungkap Walikota Palu Hadianto Rasyid dalam keterangan tertulis, Rabu 10 November 2021.

Menurut dia, sebagai rasa bersyukur dengan keputusan pemerintah pusat telah menetapkan Tombolotutu sebagai Pahlawan Nasional. Hal ini menjadi anugerah kepada masyarakat Kota Palu dan sekitarnya. Guna mengingatkan peran penting para pejuang diwakili Tombolotutu, Pemkot Palu akan buat patung dan telah dimasukan dalam perencanaan tahun 2022.

“Pemerintah Kota Palu akan membuat patung di sekitaran Jalan Tombolotutu. Kita usahakan tahun 2023 sudah siap. Kita akan masukkan dalam perencanaan tahun 2022,” ungkapnya.

Selanjutnya Hadi jelaskan mengenai pengajuan nama Guru Tua sebagai Tokoh Pendidikan Nasional akan di dorong oleh Pemerintah Kota Palu sesuai usulan Habib Idrus bin Salim Al-Jufri atau Guru Tua sebagai Pahlawan Nasional dapat diterima oleh Pemerintah Pusat.

“Guru Tua bukan hanya sebagai tokoh pendidikan, tapi juga tokoh yang selama ini memberikan kontribusi yang besar dalam mencatatkan sejarah-sejarah penting di Kota Palu,” imbuhnya.

Reporter | Palu, Poso, Parigi | Hendra Edo

Untuk mendapatkan update berita harian ikuti web metroluwuk.id atau download aplikasi Telegram mari bergabung klik UPDATE metroluwuk.id

Berita terkait: Pelaksanaan HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka Pamer 112 Alutsista