Varian Omicron 46 Kasus di Indonesia, 40 di Antaranya Sudah Vaksin 2 Kali

Omicron telah masuk Indonesia menurut Kementrian Kesehatan awalnya hanya lima kasus namun telah mencapai 46 kasus memasuki Natal dan Tahun Baru.

Bagikan Artikel
Gambar ilustrasi hasil periksa kesehatan varian Omicron dok ist

JAKARTA– Kemenkes mencatat sudah 46 kasus varian Omicron yang terdeteksi di Indonesia. 40 di antaranya sudah divaksin dua kali.

“Ada yang belum vaksin 3 orang dan ada yang baru dapat vaksin 1 kali 3 orang. Tapi sebagian besar sudah divaksin (dua kali)” ujar Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi, Minggu (26/12/2021) sebagaimana diberitakan detik.com.

Siti menuturkan sebagian besar pasien Omicron di RI ini merupakan pelaku perjalanan dari luar negeri. Kasus meningkat seiring kepulangan PMI ke Tanah Air.

“Sebagian besar dari pelaku perjalanan LN yang merupakan sebagian besar PMI yang saat ini mencapai 3.000-an per hari,” ujarnya.

Selain itu kasus omicron meningkat juga karena adanya laporan yang masuk.

“Kalau meningkat karena makin banyak yang melaporkan adanya omicron ini artinya penyebaran omicron ini juga luas,” paparnya

Sebelumnya temuan kasus omicron di RI ini berasal dari hasil pemeriksaan WGS oleh Badan Litbangkes yang keluar pada tanggal 25 Desember 2021.

Sebanyak 26 Kasus merupakan imported case, di antaranya 25 WNI yang baru pulang dari Malaysia, Kenya, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Mesir, Malawi, Spanyol, Inggris, Turki, dan 1 orang WNA Asal Nigeria. Sementara satu kasus positif merupakan Tenaga Kesehatan di RSDC Wisma Atlet. ***

@metroluwuk.id
Sumber Detik.com

Untuk mendapatkan update berita harian ikuti web metroluwuk.id atau download aplikasi Telegram mari bergabung klik UPDATE metroluwuk.id

Berita terkait: UPDATE OMICRON: 3 Terdeteksi Baru Kini Total 8 Kasus