Viral. Order Oshlop Abon sampai Minta Pulsa, Jadi Modus Penipuan Online

Viral. Order Oshlop Abon sampai Minta Pulsa, Jadi Modus Penipuan Online

Bagikan Artikel

BANGGAI– Sebuah akun media sosial  mengingatkan sesama lapak online, berhati hati apabila menerima orderan online.

Penelusuran edaran pemberitahuan sesama pelapak. Peristiwa ini sebelumnya pernah dialami olshop @Dapur Kanaya Luwuk di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai sulteng. Disebut dalam chatting pada laman facebook miliknya, kejadian yang sama pernah dialaminya.

Begini ceritanya  @Muslim. Sudah itu tadi pas ambe orderan dia bilang uangnya stor hbs deliv. Soalnya baru ketipu dia makanya sy minta sc dp chat2 ny biar saya share di fb.

Berita terkait:

Kalau saya dulu penipu ini pesen abon 10 kilo dianter ke pertamina untung sy cek kesana ba tanya yg pesen abon 10kg an nama bapak tersebut. Pak satpam bilang tidak ada nama bapak itu di sini ibu. Dan ternyata dia sms lagi minta kirimin pulsa  disitu saya ketawa2 dengan suami baru diprank penipu.

Sementara itu, modus penipuan order Ojek online dijadikan kehati hatian lokasinya berbeda dan juga orderannya. Dari hasil chatting aplikasi Whatsapp kurirman 02 yang di order pemilik nama K-Puspita.

Begini isi pemberitahuan akun media sosial facebook @Dapur Kanaya Luwuk. Buat pembelajaran bagi pelaku olshop dan para kurir online diluar sana agar berhati2 terhadap maraknya penipuan order fiktif yang berujung minta kirim pulsa.

Kronologi kejadian hari ini salah satu Kurir-Man 02 mendapat orderan dari sesembak yang mengaku bernama puspita (sudah dipastikan nama palsu) dengan nomer hape 083863317080 (nomer axis) melakukan transaksi orderan via chat whatapps pada pukul 11.31 wita yang meminta kurirman02 untuk membelikan sejumlah barang di salah satu minimarket berlogo A (untuk kelanjutannya silahkan baca semua obrolan chat terlampir yg sdh saya screenshoot).

Qadarullaah kang kurir masih diselamatkan hanya rugi barang orderan sebesar 80rb. Beruntung jaringan gangguan dan saldo kurir tidak mencukupi. Masyaa Allaah tabarakallaah banyak cara Allaah menolong kang kurir selamat dari penipuan.

Semoga rejekinya bertambah luas ya mas, ikhlas anggap saja ujiannya ora berpuasa dan semoga kesabaran mas kurir berbalas oleh Allaah dengan mengangkat derajatnya. Aamiin Allaahumma Aamiin yaa Robbal’alamiin.

Penipu2 seperti ini ibarat jamur dimusim hujan, dia akan tumbuh terus menebarkan racun untuk menguji kita semua.

Untuk kita semua agar lebih berhati2 saja ketika mendapatkan chat dari nomer luar area kita, tidak semuanya memang tapi tidak ada salahnya berjaga2 agr tidak terjerumus seperti yang dialami kurirman ini. Bagi yang sudah pernah kena (termasuk saya berulang kali mendapat orderan fiktif berujung kirim pulsa jadi sudah biasa).

Reporter | Irwan Merdeka