Viral! Wow: Bisnis Parkir Liar Nilainya Rp 143 Juta Perbulan

Viral! Wow: Bisnis Parkir Liar Nilainya Rp 143 Juta Perbulan

Bagikan Artikel

BANGGAI- Viral Parkir kenderaan diatur abang parkir liar menjadi masalah di setiap tempat belanja telah memiliki izin lahan parkir usaha dibebani pajak. Namun warga menjadi terbiasa memberi alasannya beramal adalah ibadah.

Maraknya praktik parkir liar, dipusat belanja dan beberapa fasilitas yang menetapkan parkir gratis, beredar informasi menemukan data fantastic keuntungan disebutkan diraup dalam seminggu nilainya Rp 35.952 dan sebulan Rp 143.808, Selasa (25/5/2021).

Namun, diduga pendapatan tersebut tak masuk kas daerah. Potret pelacakan ini hanya fokus pada soal parkir khusus dilokasi telah memiliki izin usaha yakni, Minimarket dan Alfamidi karena telah membeli Franchise beserta Izin Lahan Parkir (ILP) disertai beban Pajak. Tetapi nongkrong jukir hampir tak mendapat perhatian serius untuk ditertibkan.

Tak sedikit warga memberi bayaran parkir Rp 2.000 dengan alasan beramal tapi, alasan itu menjadi bisnis kecil dan terorganisir yang menguntungkan.

Berita terkait:

Padahal, kalau memiliki niat untuk beramal telah ada Badan Amal Zakat dan Infaq secara online bisa juga antar ke Mesjid atau antar langsung pada Yayasan Panti Asuhan.

Menurut Survey seorang Manager Minimarket (tak disebutkan namanya) untuk membuktikan daerah dirugikan dengan alasan membiarkan maraknya profesi jukir liar tersebut.

Dia melakukan pemantauan dan menghitung kerugian disebabkan lemahnya pengawasan dan penertiban selama ini.

Dalam pemantauan mencoba menghitung setiap kendaraan yang datang melalui rekaman ulang CCTV.

Hasilnya tercatat dominan rata rata didapat juru parkir (Jukir)  kendaraan masuk dan parkir perhari berdasarkan hitungan jam, menemukan sejumlah148 motor perjam, 66 mobil perjam pada halaman usaha yang telah ditetapkan gratis parkir.

Menunjukan kalkulasi, pembayaran parkir tetap Rp 2.000 dikali sejumlah 148 motor ditambah 66 mobil perjam menghasilkan Rp 428.000. Jika operasi perusahaan buka sampai jam 22:00 maka 12 jam x 428.000 nilainya Rp 5.136.000 pehari dikalikan seminggu totalnya Rp 35.952 juta.

“Nilai keuntungan Jukir perminggu diperkirakan meraup keuntungan Rp 35.952 juta dalam sebulan totalnya Rp 143.808 juta,” sebagaimana dikutip linimasa akun media sosial facebook @zeneng zeneng dan telah viral. (Red)